Momentum Nataru, Polres Pesawaran Polda Lampung Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022

6DETIKCOM, PESAWARAN–menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2022 selama 11 hari pada momentum perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), yang dimulai tanggal 23 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023.

Hal tersebut diketahui dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2022 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K., M.Si (Han), bersama tim gabungan Polri, TNI AD, TNI AL, dan Pemerintahan Kabupaten Pesawaran, di Lapangan Apel Mapolres Pesawaran, Kamis (21/12/22).

Dalam amanat Kapolri, Kapolres Pesawaran menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga Perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

“Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Oleh sebab itu Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 02 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 03 Januari s.d. 09 Januari 2023,” ucap AKBP Pratomo Widodo.

Kapolres melanjutkan, Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 Personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 Pos Pengamanan, 695 Pos Pelayanan dan 89 Pos Terpadu, guna mengamankan 52.636 Objek Pengamanan. Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman.

“Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai adalah sisi kesehatan yang harus tetap waspada saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular. Pada sisi keamanan juga terdapat beberapa potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres berharap jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan dengan penerapan Contra Flow dan One Way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi di lapangan dan mengacu data volume kendaraan dari traffic counting PT. Jasa Marga.

“Selain itu lakukan Sosialisasi secara masif sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik, dan pastikan pada jalur tol maupun arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan pada pelabuhan penyeberangan, memanfaatkan pelabuhan alternatif dan menyediakan kantong parkir yang memadai dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di Bandara, Terminal dan Pelabuhan,” urainya.

Kemudian masih Kapolres menyatakan, terkait ancaman bencana alam, persiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung, disertai penguatan edukasi tanggap bencana kepada masyarakat sehingga mampu melakukan quick response guna memitigasi bencana.

“Yang tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait, begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan Stakeholder terkait, guna memastikan ketersedian stok BBM,” tambahnya.

Lebih dari itu Kapolres juga menambahkan, khusus pengamanan Ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/ AT, libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik. Sedangkan pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait,” terangnya.

Kapolres juga menambahkan, optimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat. Hal ini guna menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan.

“Dengan demikian perkuat juga strategi komunikasi publik agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, tentunya saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan