Sambut Pemudik Natal dan Tahun Baru, PLN UID Lampung Tambah Dua SPKLU di Tol Trans Sumatera

6DETIKCOM, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada ruas Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik saat Natal dan Tahun Baru yang menggunakan kendaraan listrik dan melintasi ruas tol tersebut.

I Gede Agung Sindu Putra selaku General Manager PLN UID Lampung menuturkan bahwa penambahan dua titik SPKLU di Tol Trans Sumatera sebagai komitmen PLN dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

“Saat ini PLN sedang dalam periode Siaga Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga penambahan dua titik SPKLU dapat menambah kenyamanan bagi pengguna kendaraan listrik baik yang melintas atau yang akan masuk ke Provinsi Lampung,” tambahnya.

Dia menyebutkan, dua titik SPKLU itu berada di Rest Area Tol Trans Sumatera Km 163A (Kabupaten Lampung Tengah arah Sumatera Selatan) dan Km 172B (Kabupaten Tulang Bawang Barat arah Bakauheni).

Diketahui bahwa pada tahun 2021 lalu telah beroperasi sebanyak tiga titik SPKLU di Lampung, diantaranya SPKLU pada Rest Area Tol Trans Sumatera Km 20B, Rest Area Tol Trans Sumatera Km 49 A dan Els Coffee Roastery Jalan Sukarno Hatta Bandar Lampung.

“Jadi, sekarang telah terdapat lima SPKLU yang beroperasi di Provinsi Lampung, pengguna kendaraan listrik pasti akan lebih nyaman” ujarnya.

Dia menerangkan, SPKLU sudah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile. Sehingga menurutnya masyarakat pengguna kendaraan listrik akan lebih merasa nyaman, mudah dan praktis dalam pengisian daya baterai kendaraan listriknya.

“Selain itu, kita juga mendapat kemudahan dalam mencari lokasi SPKLU yang terdekat dengan PLN Mobile, intinya mudah sekali menggunakan PLN Mobile,” katanya.

Terkait biaya, pengisian baterai yang dilakukan di SPKLU PLN biayanya sebesar Rp.2466 per Kilowatt Hour (kWH). Namun, jika melakukan pengisian baterai di rumah atau Home Charging maka dikenakan biaya sesuai tarif daya kontrak, misalnya pada tarif rumah tangga daya 3500VA keatas, maka biaya pengisian daya baterai sebesar Rp.1699 per kWH.

“Kabar gembira bagi pengguna kendaraan listrik yang memiliki Home Charging yang telah terdaftar dan terintegrasi pada aplikasi PLN Mobile, saat ini PLN memberlakukan promo diskon sebesar 30 persen untuk pengisian daya baterai pada rentang waktu pukul 22.00 hingga pukul 05.00,” ungkap I Gede Agung Sindu Putra, General Manager PLN UID Lampung.(red)

Tinggalkan Balasan